Minggu, 15 Januari 2012

tips.........


Gagal?Yuk ke Laut Aja….
Cara-cara “memanfaatan” kegagalan :
1.Santai!
Jika kita mendapatkan kegagalan sampai mempengaruhi fisik,berikan waktu untuk diam dan merilekskan diri.
2.Lepaskan uneg-uneg
Cari “tempat sampah” untuk mengeluarkan uneg-uneg.Kita dapat bercerita pada teman dekat,menulis berbagai keluhan di buku harian atau menyanyi keras-keras di kamar mandi.
3.Bermental Positif
Jika pikiran kita telah kembali jernih,merupakan kesempatan untuk membangun mental yang positif,sehingga dapat terus optimis.
4.Menghadapi tuduhan
Selain kegagalan itu sendiri,ada hal yg cukup memusingkan kita,yaitu menghadapi tuduhan dari orang lain.Namun hal ini dapat dikurangi jika kita memiliki mental yang positif.
5.Mencari Penyebab
Jika kita sudah dpt menerima kegagalan yg kita peroleh,asyik juga diingat lagi dengan hati yang lapang.jika sudah “terbuka” menerima,kita bisa mencari penyebab mengapa kita gagal.Kita dpt mencari penyebabnya dr dlm diri kita atau dr luar diri kita.
6.Sarang Kreatifitas
Gagal sebenarnya dapat diubah menjadi kekuatan yang kreatif,krn ide2 kreatif dpt juga muncul ketika kita berkali-kali gagal.
7.Menikmati Petualangannya
Peristiwa yg terjadi setiap hari kadang2 sulit diramalkan akan gagal atau berhasil.Sehingga kita pun fleksibel menyesuaikan diri.
8.Menertawakan kegagalan
Kegagalan memang tidak enak untuk dirasakan,tetapi kadang enak untuk ditertawai.Jangan terlalu serius memikirkan kegagalan,jadi perlu juga menciptakan humor tentang kegagalan.


9.Rencana Baru
Jika kita telah dpt tersenyum untuk kegagalan yg dialami,itu berarti kita telah selangkah lebih maju untuk menggapai kesuksesan selanjutnya.Kita dapat membuat rencana baru yang lebih ok dan mantap.Dan jangan lupa rencana itu dibuat dengan melihat kegagalan yg telah kita tertawakan.

10.Ke lautlah…..
Jika kita sedang gagal,sekali-kali ke laut aja ! tapi bukan untuk bunuh diri.Kita melihat panorama laut yg biru yg menyejukkan hati.Di hari-hari ceria kita kadang2 kemasukan  “benda asing” yg bernama gagal.Jika kita langsung putus asa,mungkin kita bisa jadi tiram yg mulai “busuk”.Tapi jika kita berusaha mengumpulkan kekuatan untuk “membungkusnya” dan dpt “menakhlukkannya” kejadiannya akan menjadi lain.Kita dapat menghasilan “mutiara” dari kegagalan yg kita alami.

1 komentar:

  1. kalau lautnya jauh...., bisa nggak kalau pergi ke sawah saja ...., dekat.

    BalasHapus